Sandiaga Uno Buka IC Fest 2024 di Yogyakarta, Indonesia Siap Saingi Hollywood dan Drakor

Jum'at, 27 September 2024 - 16:00 WIB
loading...
Sandiaga Uno Buka IC...
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi membuka International Creative Industry Conference and Festival 2024 (IC Fest 2024) di Yogyakarta. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi membuka International Creative Industry Conference and Festival 2024 (IC Fest 2024) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada Kamis, 26 September 2024.

Dalam sambutannya, Sandiaga menyampaikan peningkatan signifikan ekonomi kreatif. Di mana saat ini berkontribusi sebesar 3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) global dan mempekerjakan 50 juta orang di dunia.

Diperkirakan, sektor ini akan tumbuh hingga 40 persen PDB global pada 2030. Sandiaga pun yakin industri kreatif Indonesia akan mengalami pertumbuhan pada 2024-2025.

"Saya sampaikan sambutan hangat kepada para peserta kami yang terhormat, yang telah menjadi bagian dari International Creative Industry Conference and Festival 2024 yang pertama ini," kata Sandiaga.



Di sisi lain, subsektor film, animasi, dan video, dijelaskan Sandiaga akan memimpin di Indonesia pada 2024-2025. Pencapaian ini tidak menutup kemungkinan membuat Indonesia bersaing dengan Hollywood dan Korea denga tayangannya yang mendunia.

"Secara khusus, subsektor film, animasi, dan video diperkirakan akan memimpin pertumbuhan ini pada tahun 2024 dan 2025. Jika Amerika Serikat punya Hollywood, Korea punya drakor, Indonesia juga drahor (Drama Horor),” jelasnya.

Berdasarkan data yang ada, film Indonesia saat ini mendominasi bioskop-bioskop Tanah Air sebesar 60 persen. Menurut Sandiaga, hal tersebut menjadi sinyal positif bahwa karya sineas Indonesia semakin berkembang dan diterima masyarakat.

“Ini menunjukkan bahwa film-film Indonesia sekarang sudah mampu diterima masyarakat. Siapa yang pernah melihat Agak Lain? Ini adalah genre yang sangat unik, karena genre ini memadukan horor dan komedi," ujarnya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)